Jul 21, 2017

Resep Cemilan Cilor, Cilok Telor Praktis Pilihan Keluarga

Cilor, Cilok Telor
Cilok Telor

Pernahkah sobat melihat jajanan Cilok?, bagi kaum muda dalam hatinya terbesit kata cilok adalah Cinta Lokasi. Ternyata yang dimaksud bukan Cinta Lokasi, cilok merupakan jajanan yang murah meriah, enak, gurih, dan renyah. Hampir semua kaum muda menggemarinya terutama anak-anak sekolah dan mahasiswa. Cemilan ini salah satu jajanan yang banyak dicari terutama terutama yang sering berjualan di sekolah atau disekitar kampus.

Cilok merupakan jajanan tradisional yang terkenal di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat, namun sesuai perkembangan sekarang camilan cilok bisa kita temui di mana saja. Umumnya cilok ini dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu, dengan seiring kreatifitas penjual, cilok kemudian dikreasikan dengan beberapa cara. Cara yang sering kita jumpai adalah digoreng dibalur telur yang biasa disebut Cilor (Cilok Telur).

Cilok Telur biasanya dijajakan di sekolah, taman kota, pasar malam/pasar kaget, bahkan juga ditempat-tempat keramaian. Harga yang sangat terjangkau cilor banyak diminati anak-anak dan remaja karena enak dan gurih serta terjangkau. Jika buah hati sobat merupakan menggemar Cilor yuk simak Tips, Trik, Resep membuat Cilok Telor agar camilan kesukaan buah hati sobat merupakan makanan yang sehat dan menyehatkan tentunya juga para sobat dirumah menjadi lebih kreatif.

Bahan untuk membuat Cilor Cilok Telur
1 butir telur (tergantung selera)
100 gr tepung terigu (bisa menggunakan segitiga biru)
1 sdt garam
3 siung baput (bawang putih) haluskan
150 gr sagu (tergantung selera) sesuaikan dengan adonan.
1 bks penyedap rasa masako/roiko
2 sdm minyak sayur bimoli
2 lembar daun bawang
Air mendidih secukupnya

Langkah-langkah m3mbuat C1lor Cilok T3lur :
Campurkan bahan (tepung, telur, dan sagu) beri sedikit air panas sambil diaduk-aduk dan diuleni.
Setelah mulai tercampur, masukkan bumbu dan daun bawang. Icipi terlebih dahulu sampai adonan terasa sesuai selera tambahkan sedikit ladaku lalu adonan dibulat-bulatkan ukuran sesuai selera.
Siapkan air ditambahkan sedikit minyak sayur. Air direbus hingga mendidih celupkan adon4n dibulatkan kedalam panci samai adonan terlihat mengapung.
Buat tusukan seperti tusukan sate, setiap tusukan 3 sampai 4 butir sesuai selera.
Hasil tusukan tersebut taruk dimangkuk tiriskan. Siapkan mangkuk masukkan telor didalamnya lalu kocok hingga telur cair. Balut cilok dengan telur hingga merata.
Setelah langkah-langkah tersebut selesai, goreng hingga terlihat matang matang dan tiriskan sejenak. Sajikan bersama saos ABC atau sambal sedikit pedas agar lebih nikmat.

Semoga resep diatas menjadi salah satu sajian alternatif buah hati para sobat agar buah hati betah dirumah. Selamat mencoba....



0 komentar:

Post a Comment

Mohon bagi yang memberikan komentar untuk selalu menjaga budaya kita, terima kasih. Admin