Jul 19, 2017

Ayam Bakar Special, Enak dan Lezat

Ayam Bakar Spesial
Ayam Bakar Spesial

Ayam bakar merupakan salah satu menu makanan yang special bagi beberapa kalangan. Rasa yang enak, manis, gurih dengan dibalut warna yang merah kehitaman perpaduan bumbu dengan Kecap Bango membuat beberapa penggemar ayam bakar menjadi ketagihan.

Menu Ayam bakar sekarang ini sangat mudah dijumpai, dari mulai Restaurant, Hotel, Rumah Makan, pedagang lesehan dan pedagang kaki lima dibeberapa daerah mudah kita jumpai, bahkan seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat beberapa penggemar tidak akan kehilangan menu makan faforitnya bila bepergian kedaerah baru diwilayah Indonesia.

Waktu yang paling enak untuk menikmati menu ayam bakar pada saat kumpul bareng keluarga atau sedang makan besar bersama keluarga. Pernahkah para sobat membuat resep Ayam Bakar sendiri dirumah..? yuk intip cara membuat Menu Faforit Ayam Bakar Keluarga. Berikut tips dan trik nya :

Bumbu Resep Ayam Bakar Kecap Spesial Nikmat.
Sediakan satu ekor ayam dengan ukuran sedang, besar juga boleh. Sebagai alternatif kita bisa gunakan ayam kampung dengan berat 8 ons agar dagingnya terasa empuk atau ayam potong. Potong ayam yang sudah dibersihkan menjadi 5 bagian bagian, sesuai selera.

Siapkan awang merah ukuran sedang sekitar 6 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan. Bisa ditambahkan bawang bombay agar mendapatkan hasil bumbu yang lebih harum. Siapkan juga bawang putih secukupnya

Cabai merah keriting atau cabai rawit sesuai selera ukuran besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera. Cuci bersih terlebih dahulu dengan air bersih sebelum digunakan.

Lengkuas ukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa. Tujuannya agar ayam bakar lebih harum.

Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa. Tujuannya agar warna ayam terlihat kekuning-kuningan. Bisa kita gunakan kunyit bubuk banyak dijual diwarung dll.
Ketumbar butiran bisa kita gunakan ketumbar bubuk yang sudah jadi.
Jahe ukuran sedang. Tujuannya agar ayam terasa sedikit pedas harum sehingga menjadi hangat dibadan.

Daun salam cukup 3-4 lembar saja.
Batang Sereh secukupnya
Air asam jawa 1 plastik ukuran kecil.
Kecap manis,bisa kita gunakan kecap bango atau kecap ABC
Air bersih secukupnya
Air jeruk secukupnya. Tujuannya untuk menghilangkan bau pada daging dan lebih cepat empuk.
Garam beryodium secukupnya
Gula pasir. Biar terasa sedikit lebih manis.

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap
Ayam yang telah dipotong dicuci hingga bersih, lalu tiriskan
Lumuri ayam yang dipotong dan dicuci dengan air jeruk nipis.
Haluskan bawang putih, ketumbar,bawang merah,cabe keriting dan cab3 rawit, lengkuas, j4he, kuny1t, garem dan gula pasir yang sudah disiapkan.
Lumuri ayam tersebut dengan bumbu yang telah dihaluskan.
Pastiikan semua bagian dari potongan ayam sampai benar benar rata sehingga bumbunya akan meresap.
Diamkan sebentar sampai bumbu meresap ke dalam dagingnya antara 30-40 menit.
P4nci untuk mengungk3p ayamnya. Masukkan ay4m beserta s3mua bumbu h4lusnya dan beri airsecukupnya.
Ungkep, masukkan empat lembar daun salam, air asam dan kecap manis kental. Aduk aduk semua bumbu tercampur sampai r4ta sampai meres4p ke dalam daging ayamnya hingga empuk.
Setelah empuk, angkat &tiriskan sebentar sebelum dibakar. Diusahakan bumbu jangan sampai dibuang tujuannya untuk mengolesi daging saat proses pemb4karan nanti.
Siapk4n tempat pembakaran ayam serta bara api yang sudah panas. Bakar ayam sampai permukaannya kering dan tercium bau harum jangan lupa olesi dengan
Jangan lupa bolak balik dagingnya dan sekali-kali di lumuri lagi dengan bumbu ungkepan supaya benar benar meresap dan hasilnya lebih enak.

Jangan lupa untuk dicoba ya sobat Resepnya, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon bagi yang memberikan komentar untuk selalu menjaga budaya kita, terima kasih. Admin