Jul 8, 2017

Cara membuat Ayam Kodok yang benar

Dari namanya dirasa sangat aneh ya sobat..?, mungkin sobat baru tahu namanya Ayam Kodok. Mungkin juga anda belum pernah mendengar atau melihat kuninar yang satu ini. Anda jangan beranggapan akan dicampur dengan katak bahkan yang berhubungan dengan kodok sama sekali tidak ada. Dilihat dari segi bentuknya memang hampir mirip seperti katak.

Ayam Kodok adalah salah satu makanan yang populer. ada beberapa rumah makan atau restaurant yang menyajikan menu ini yaitu ayam kodok surabaya, ayam kodok bandung, ayam kodok jogja, ayam kodok semarang, ayam kodok balik papan, ayam kodok palembang, ayam kodok cihampelas. Ditempatnya ayam kodok lahir sudah sangat banyak digandrungi para penggemarnya dari berbagai kalangan. Karena kelezatannya kuliner ini memiliki tempat tersendiri bagi penggemar kaum adam dan kaum hawa.

Sebenarnya apa keunikan dari kuliner ini ? yuk kita simak selanjutnya. Keunikan dari usaha ayam kodok salah satunya proses pembuatannya. Dari mulai cara membersihkan ayam, pemisahan kulit, pemisahan daging dengan tulang, cara pencampuran bahan-bahan dan bumbu juga sangat unik. Yang sangat unik adalah proses memasaknya tidak berbentuk seperti daging ayam. Unik sekali bukan..?

Bagi anda yang memiliki keingin untuk membuat ayam kodok merupakan Peluang Usaha yang bagus. Untuk membuat satu porsi Ayam Kodok membutuhkan keahlian khusus agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan lezat pas dilidah para penikmat.

Yuk intip tips proses pembuatanya :
1.  Ambil ayam yang sudah siap diolah. Kuliti ayam sampai terpisah antara daging dan kulit    diusahakan kulit jangan sampai robek pada bagian-bagian tertentu.

 Ayam Kodok dan Peluang Usaha

2.   Letakkan ayam di atas meja atau papan alas, mulailah melepaskan kulit ayam dari bagian bawah ayam yang terbuka. Lepaskan dengan hati-hati dan perlahan dengan menggunakan pisau. Gunakan jari anda untuk masuk ke dalam kulit dan lepaskan hati-hati jaringan di bawah kulit ayam. Jika sulit dilepas, gunakan gunting sebagai bantuan. 

 Ayam Kodok dan Peluang Usaha

3.   Untuk mendapatkan hasil yang sempurna pelepasan kulit ayam ini dari dua arah, bagian atas ayam yang terbuka. Ini untuk memudahkan jari anda menjangkau bagian tengah. Potong sendi antara sayap dengan badan menggunakan pisau tajam, biarkan sayap tetap utuh. Lakukan pada kedua sayap. 

 Ayam Koodok dan Peluang Usaha

4.   Apabila semua bagian badan telah terlepas, keluarkan bagian badan ayam dari sayatan di bawah, sekarang kita akan melepaskan bagian paha. Tarik kulit di bagian paha hingga menyentuh bagian bawah, potong bagian sendi paha bawah yang tersambung dengan paha atas. Lakukan pada kedua paha. Setelah terlepas dari kulitnya bisa anda pisahkan, letakkan di mangkuk terpisah. 


5.  Potong paha sebelah kanan dan kiri sehingga menjadi dua bagian setengah bagian paha bawah yang masih menempel di kulit, lakukan pada kedua paha. Berhati hati pada saat melakukan pemotongan, gunakan pisau tajam agar paha mudah dipotong.


6.  Letakkan kulit ayam di meja, rapikan sehingga kulit terpentang. Jahit bagian kulit yang berlubang dengan benang. Jahit bagian leher yang terbuka sehingga tertutup rapat. Kita akan memasukkan isi lewat bagian bawah ayam.



Terima kasih sudah membaca artikel tentang Kuliner Ayam Kodok semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Mohon bagi yang memberikan komentar untuk selalu menjaga budaya kita, terima kasih. Admin